Info Sekolah
Sunday, 25 Sep 2022
  • Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2022-2023

19 Cara Menghafal Alquran dengan Mudah dan Cepat, Cocok Bagi Semua Kalangan

Diterbitkan :

Menghafal Alquran tentu tidaklah mudah. Diperlukan konsentrasi tinggi, usaha dan niat yang bulat untuk bisa menghafal kitab suci al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW itu.

Menghafal Alquran juga menjadi sarana belajar mengenai Islam dengan sepenuhnya. Di dalamnya terdapat berbagai pelajaran kehidupan sebagai petunjuk, sekaligus ibadah pembimbing kelak di akhirat. Wallahu’alam.

Berikut merdeka.com telah merangkum mengenai cara menghafal Alquran dengan mudah dan cepat.

1. Niat yang Tulus Ikhlas
Cara menghafal Alquran yang pertama dengan memantapkan diri dan meluruskan niat dengan tulus ikhlas karena Allah. Jika dari awal sudah berkeinginan untuk pamer dan mendapat panggilan hafidz, bisa fatal akibatnya, serta Allah akan mempersulit proses dalam menghafal.

2. Menunaikan Salat Sunnah

Setelah Anda memantapkan hati untuk tulus ikhlas, tunaikanlah salat sunnah khusus memohon kemudahan dari Allah. Salah satunya bisa dengan salat sunnah Hajat. Sampaikanlah pada Yang Maha Kuasa, sang pemilik sejati Alquran, bahwa Anda ingin bisa menghafal Alquran.

3. Menanamkan Pikiran Positif

Cara menghafal Alquran dengan mudah dan cepat selanjutnya dengan menanamkan keyakinan pada pikiran Anda untuk yakin, bahwa menghafal Alquran itu mudah. Bangkitkan motivasi Anda untuk bertahan dan istiqomah dalam membaca, serta menghafalkannya.

4. Meminta Restu
Cara sederhana yang bisa Anda lakukan berikutnya dengan meminta tambahan kemudahan melalui doa orangtua atau guru, saudara, serta rekan. Rasa optimis bisa muncul dari doa orang di sekeliling dan dukungan dari mereka.

5. Dekatkan Diri dengan Alquran

Langkah selanjutnya cobalah Anda membiasakan diri setiap hari untuk bersama Alquran, bisa dengan sekadar membaca artinya saja atau membaca 1 ayat ketika sedang sibuk. Kemudian meluangkan waktu untuk membaca.

6. Perbaiki Cara Baca

Cara menghafal Alquran dengan memperbaiki dahulu car abaca Anda. Supaya tidak ada salah baca hingga membuat kekeliruan dan menghasilkan arti yang sangat jauh berbeda. Selain itu, salah dalam bacaan ayat Alquran bisa mengurangi pahala.

7. Gunakan Mushaf yang Sama
Cara menghafal Alquran dengan mudah dan cepat selanjutnya dengan memastikan satu musghaf yang sama dalam menghafal. Posisi setiap ayat, bentuk huruf, penataan baris, dan segalanya akan tertanam di pikiran Anda. Melihat kitab yang sama setiap harinya akan memudahkan Anda untuk menghafal.

8. Mengatur Jadwal

Setelah Anda lebih akrab dan sudah memperbaiki cara baca, kini mulailah dengan mengatur jadwal seperti 1 hari 1 ayat sudah hafal, atau 1 hari 3 ayat, tergantung pada surat apa. Lakukan yang ringan-ringan terlebih dahulu, hindari dalam benak mencoba hal cara yang berat.

9. Menentukan Metode Menghafal
Ada begitu banyak metode menghafal Alquran, kali ini Anda bisa memilih di antara dua yang termasuk yang mudah, seperti:

Menghafal Halaman
Bacalah satu halaman penuh sebanyak 30 kali, sangat cocok untuk mushaf standar Madinah.

Menghafal Ayat
Metode selanjutnya dengan menghafal satu ayat sebanyak 3 hingga 10 kali secara tartil. Jika sudah dirasa lancar, hafalkan terus menerus.

10. Mendengar Murottal

Kini di jaman yang serba canggih, Anda bisa dengan mudahnya mengkases atau mengunduh aplikasi dengan MP3 murottal Alquran. Dengarkan setiap hari surat yang sedang ingin Anda hafalkan. Ulangi terus mendengarnya hingga Anda terbiasa, terutama sebelum tidur dan bangun tidur.

11. Membuat Target
Setelah Anda mampu mengatur jadwal dan setiap langkah tadi, selanjutnya coba untuk membuat target hafalan. Pertahankan semangat dan istiqomah Anda, jangan sampai patah dan melempem. Misal Anda target satu minggu bisa hafal sekian ayat.

12. Mengulang Bacaan

Cara menghafal Alquran berikutnya dengan sering melakukan murojaah atau mengulangi bacaan ayat. Semakin sering Anda mendengar murottal surat yang dihafal sambil terus ikut melantunkan, otomatis pikirna bawah sadar Anda jadi hafal.

13. Setor Hafalan

Sebagai bentuk tes dan mengkoreksi bacaan hafalan Anda, bisa dengan menyetor hafalan ke orang lain, bisa orangtua atau rekan terpercaya.

14. Pertahankan Niat
Biasanya di tengah jalan merasa sudah lelah dan susah untuk berlanjut. Tenangkan diri Anda dan tanamkan kembali keyakinan, serta niat awal dalam menghafal Alquran. Berdoa kembali pada Allah untuk memohon kemudahan dalam menghafal, supaya tidak pantang menyerah.

15. Berkawan dengan Para Penghafal

Cara menghafal Alquran dengan mudah dan cepat berikutnya dengan sering berkumpul dengan teman yang sesama punya target hafalan. Kalian bisa saling mendukung dan mengkoreksi. Rasa optimin bisa muncul kembali dengan menghafalkan Alquran bersama-sama.

16. Tingkatkan Kesabaran

Langkah yang perlu Anda ambil berikutnya dengan meningkatkan kesabaran. Layaknya belajar di sekolah, semua kesuksesan tidak ada yang instan, semua butuh proses panjang. Jangan tergoda dengan emosi, tetaplah sabar untuk menggapai target hafal Alquran.

17. Membagi Jadwal Membaca dan Menghafal
Setelah Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas, cobalah untuk membagi jadwal dan target sesuai kemampuan Anda. Misalkan sedang target hafalan Ar-Rahman, baca berulang-ulang dan mendengar murottal sehari berapa kali dan kapan saja.

18. Bacakan Hafalan di Setiap Salat

Cara menghafal Alquran dengan mudah dan cepat pastinya dengan membacakan surat yang sedang Anda hafalkan kala itu dalam setiap lantunan ayat salat. Setelah membaca surat Al-Fatihah, bacakan ayat yang sedang dihafalkan. Cara ini dijamin memudahkan Anda untuk mengingat setiap ayatnya.

19. Membaca Doa Supaya Dimudahkan Hafal Alquran
“FAFAHHAMNAAHAA SULAIMAANA WA KULLAN ATAINAA HUKMAN WA ‘ILMAN WA SAKH KHARNAA MA’A DAWUUDAL JIBAALA YUSABBIHNA WATH THAIRA WA KUNNAA FAA’ILIIN. YAA HAYYU YAA QAYYUUMU YAA RABBA MUSAA WA HAARUUNA WA RABBA IBRAAHIMA WA YAA RABBA MUHAMMAADIN SHALLALLAHU ALAIHI WA SALLAMA WA ‘ALAIHIM AJMA’IINA. URZUQNIL FAHMA WARZUQNIL ‘ILMA WALHIKMATA WAL ‘AQLA BIRAHMATIKA YAA ARHAMARRAAHIMIINA”.

Artinya:

“Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing meraka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bestasbih bersama Daud, dan Kamilah yang melakukannya. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Wahai Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, Wahai Tuhan Musa dan Harun, Wahai Tuhan Ibrahim, dan Wahai Tuhan Muhammad SAW, dan Tuhan mereka semua, berikanlah aku rezeki kepahaman dan berilah aku rezeki ilmu, hikmah, dan akal, melalui rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

Itulah beberapa cara menghafal Alquran dengan mudah dan cepat yang sangat cocok bagi pemula. Cara ini bisa diterapkan bagi seluruh kalangan usia. Selamat mencoba.

 

Sumber : https://www.merdeka.com

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar